Tingkatkan Pengetahuan ASN di Bidang Perencanaan, Pemkot Medan Gelar Pelatihan Penyusunan Renstra

Terkini.id, Medan – Pemkot Medan melalui Badan Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) menggelar Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) di Hotel Swiss Bell Inn.

Pelatihan yang berlangsung mulai 14 sampai 18 Oktober 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ASN di bidang perencanaan.

Pelatihan ini dibuka oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M. Si., M. H., diwakili Kepala BKDPSDM, Muslim, S.Sos., M. S. P., Senin, 14 Oktober 2019.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Muslim, Wali Kota mengatakan aparatur dituntut harus menguasai proses perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi. Tujuan, sasaran, program, dan indikator-indikator harus terintegrasi lintas OPD, sektor, daerah, sampai pusat.

Wali Kota mengatakan, menyusun rencana pembangunan daerah yang berkualitas tentu membutuhkan komunikasi dan koordinasi yang baik, khususnya antara pemerintah dengan stakeholder pembangunan.

Memang, lanjut Wali Kota, tidak selalu mudah untuk mengaitkan secara langsung antara output, outcome, dan impact dari pembangunan yang dilaksanakan.

“Padahal, monitoring dan evaluasi yang berkualitas hanya bisa dilaksanakan dengan baik jika proses perencanaan dan penganggaran tersusun secara runtun, terpadu dan terukur,” ujarnya dalam pembukaan pelatihan yang ditandai dengan penyematan tanda peserta itu.

Berkaitan dengan itu Wali Kota berharap pelatihan ini dapat menjadi kawah candradimuka bagi seluruh peserta diklat dalam menyusun rencana strategis perangkat daerah masing-masing.

Dalam pelatihan ini, BKDPSDM menghadirkan narasumber dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri, yakni Dr. Hasiolan Pasaribu dan Dr. Agustinus Sulistianto.

Peserta yang terbagi dalam dua angkatan mendapat materi pelatihan antara lain pembinaan dan pengawasan peningkatan kompetensi ASN dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, tahapan dan tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi RPJPD, RPJMD, dan RKPD, serta tahapan dan tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi Renstra PD dan Renstra PD.

Berita Terkait
Komentar
Terkini