Tim Evaluasi dan Monitoring DJSN Gelar Kunjungan Kerja ke Pemkot Medan

Pemkot Medan
Tim Evaluasi dan Monitoring DJSN Gelar Kunjungan Kerja ke Pemkot Medan

Terkini.id, Medan – Tim Evaluasi dan Monitoring Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Medan.

Selain bersilaturahmi kunjungan ini juga untuk mengevaluasi dan memonitoring program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) guna meningkatkan Jaminan Sosial masyarakat Kota Medan.

Rombongan Tim Evaluasi dan Monitoring DJSN yang dipimpin, Subiyanto ini diterima Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Drs. Musaddad di Ruang Rapat I, Kantor Wali Kota Medan, Jumat, 10 Mei 2019.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kadis Kesehatan, Dr. Edwin, Kadis Ketenagakerjaan, Dra. Hannalore Simanjuntak dan Perwakilan BPJS kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam membacakan sambutan Wali Kota Medan, Asisten Pemerintahan dan Sosial mengatakan peran DJSN dalam permasalahan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan memang dirasakan signifikan, ini tentunya tidak terlepas dari berbagai upaya monitoring dan evaluasi secara langsung yang dilakukan DJSN dengan turun ke tengah masyarakat.

Menurut Musaddad, melalui Evaluasi dan Monitoring yang dilakukan DJSN akan mendapatkan dan memperoleh data dan informasi penyelenggaraan program jaminan sosial kesehatan dan ketenegakerjaan secara langsung sesuai dengan amanat UU no 50 tahun 2004 dan UU no 24 tahun 2011.

“Kita berharap Evaluasi dan Monitoring akan mampu menghasilkan masukkan yang berarti bagi penyelenggaraan SJSN di Kota Medan. Artinya dengan Begitu level kesehatan di Kota Medan bisa ditingkatkan guna kemaslahatan masyarakat menuju Kota Medan yang Sehat,” ungkap Musaddad.

Selanjutnya, Ketua Rombongan Tim Evaluasi dan Monitoring DJSN, Subiyanto menjelaskan bahwa agenda kegiatan yang dilaksanakan DJSN dalam monitoring dan evaluasi yaitu melihat implementasi Jaminan Kesehatan Nasional di BPJS Kesehatan di Kota Medan.

“Kami juga mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk melihat penyelenggaraan pelayanan kesehatan,” kata Subiyanto.

Selain itu, Subiyanto juga menyampaikan bahwa DJSN juga melihat target kepesertaan JKN-KIS, dan keikutsertaan Badan Usaha dalam program JKN-KIS, serta mendorong Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan program JKN-KIS.

“Kunjungan kami juga memberikan rekomendasi hasil penelitian agar jaminan kesehatan di kota khususnya para PHL dilingkungan Pemko Medan,” jelasnya.

Pertemuan ini ditutup dengan penukaran Cenderamata oleh Pemerintah Kota Medan kepada Tim Evaluasi dan Monitoring DJSN yang di berikan Asisten Pemerintahan dan Sosial kepada Ketua Rombongan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Pemkot Gelar Rapat Pembentukan BNN Medan

Terkini.id, Medan - Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, ATD.MT memimpin rapat pembentukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Medan, di Kantor Wali Kota Medan, Selasa,