SD di Kecamatan Medan Belawan Siap Bentuk Karakter Siswa Peduli Kebersihan

Terkini.id, Medan – Seluruh jajaran tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD) 060969 dan SD di Kecamatan Medan Belawan menyatakan siap membentuk karakter anak untuk peduli sampah dan kebersihan khususnya di lingkungan sekolah.

Pembentukan karakter pada anak ini akan dilakukan sebagai upaya dalam mendukung Program Pemerintah Kota Medan guna mewujudkan Kota Medan Bebas Sampah.

Demikian hal ini terungkap ketika Tim Pembinaan Karakter dan Budaya Bersih Pemko Medan mendatangi SD 060969 dan SD 064003 di jalan Cimanuk, Medan Belawan, Kamis, 7 November 2019.

Kehadiran tim 1 yang dipimpin Kabag Sosial dan Pendidikan Setda Kota Medan (Sospen) Khoiruddin Rangkuti di kedua sekolah disambut oleh Kepala Sekolah SD 060969 dan SD 064003.

Dijelaskan Kepala Sekolah SD 060969 Nurhayati Sormin, Pihak sekolah sangat menyambut baik dengan hadirnya Tim Pembinaan Karakter dan Budaya Bersih Pemerintah Kota Medan, tentunya ini menjadi motivasi dan memacu untuk menumbuhkan kembangkan karakter siswa untuk peduli dengan sampah dan Kebersihan lingkungan.

“Kami siap mendukung Program Pemerintah Kota Medan dalam membentuk Karakter dan Budaya Bersih pada siswa. Tentunya ini upaya untuk mewujudkan Kota Medan bebas sampah,” kata Kepsek SD 060969.

Sebelumnya didampingi Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Baharuddin Harahap dan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan perwakilan Dinas Kominfo Kota Medan, Kabag Sospen menjelaskan tujuan kehadirannya yakni membawa misi untuk mewujudkan Kota Medan Bebas sampah yang dimulai dari masyarakat Sekolah.

“Dalam rangka mewujudkan kota Medan yang bersih, Pemko Medan berkomitmen menanamkan budaya bersih bagi seluruh masyarakat. Komitmen ini dimulai dengan memberikan pembinaan karakter dan budaya bersih bagi siswa Sekolah Dasar. Artinya anak sekolah merupakan generasi muda yang masih mudah untuk dibentuk karakternya sehingga budaya bersih ini tertanam di diri mereka dari sejak usia dini dan nantinya dapat diterapkan di lingkungan tempat tinggalnya,” kata Khoiruddin.

Dalam kesempatan tersebut, Kabag Sospen juga menyampaikan himbauan Plt Wali Kota Medan agar mengurangi penggunaan botol minuman sekali pakai, sebab banyak sekali ditemukan ditumpukan sampah botol kemasan plastik.

Untuk itu mari kita gunakan Tumbler sebagai wadah untuk air minum kita guna mengurangi volume sampah plastik.

Berita Terkait
Komentar
Terkini