Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Wali Kota Medan

Terkini.id, Medan – Pemerintah Kota Medan menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang rutin diperingati setiap tanggal 1 Oktober oleh seluruh bangsa Indonesia.

Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan di Halaman Kantor Wali Kota Medan, Selasa, 1 Oktober 2019.

Upacara yang bertemakan Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia ini diawali dengan mengheningkan cipta sebagai wujud pengingat dan ucapan syukur atas perjuangan pahlawan perebutan kemerdekaan bangsa oleh Wali Kota Medan yang dilanjutkan pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh ASN yang menjadi Peserta Upacara.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila Oleh Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, SE. Sedangkan bertindak Komandan Upacara, Camat Medan Tuntungan, Topan OP Ginting, S.STP.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung Kidmat ini dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir. Akhyar Nasution M.Si, Sekda Kota Medan Ir. Wiriya Al Rahman MM, Asisten, Pimpinan OPD dan Camat serta ASN di lingkungan Pemkot Medan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Medan mengatakan Pancasila merupakan Ideologi bangsa Indonesia yang penting, sebab di dalamnya terdapat penjabaran Nilai- nilai kepribadian bangsa yang luhur.

Selain itu Pancasila telah melewati alur Dialektika Peradaban yang menguji ketangguhannya, khususnya sebagai dasar filosofis bangsa Indonesia yang terus berkembang.

“Pancasila tidak boleh hanya dipahami sebagai simbol negara, namun justru perlu diaktualisasikan dalam bentuk praktis yang lebih membumi, agar tetap serasi dengan dinamika pembangunan saat ini. Artinya Pancasila harus mudah diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan dan pembangunan bangsa dan negara termasuk pembangunan Kota yang berkarakter Pancasila,” kata Wali Kota.

Selanjutnya menurut Wali Kota, Pancasila harus dipandang sebagai sebuah visi. Untuk itu sebagai penyelenggaraan Pemerintahan kita semua harus menjabarkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kebijakan yang dirumuskan, serta Program-program yang dilaksanakan.

Kemudian, dijelaskan Wali Kota Medan spirit besar untuk memperingati hari kesaktian Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi, serta dinamika pembangunan saat ini ada hal yang harus menjadi kesadaran nasional diantaranya Kita harus memperkuat ketahanan ideologi, konstitusi, bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

“Kita harus meningkatkan percaya diri sebagai bangsa yang besar sehingga kita selalu harus optimis dengan memperkuat rasa kesatuan dan persatuan nasional dengan menghilangkan sifat – sifat primordialisme. Mari kita terus bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan selalu bekerja dan bekerja keras. Artinya bekerja sebagai team work,”,ungkap Wali Kota.

Di akhir sambutannya Wali Kota Medan mengajak seluruh ASN di jajaran Pemkot Medan untuk selalu mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam penyelenggaraan Pemerintahan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini