Pemkot Medan Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

Pemkot Medan
Pemkot Medan Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

Terkini.id, Medan – Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S,M.Si, M.H diwakili asisten administrasi umum Setda Kota Medan, Renward Parapat membuka kegiatan Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah Sesuai Permendagri Nomor 19 tahun 2016 di Le Polonia hotel, Senin, 22 Juli 2019.

Diharapkan melalui Bimtek ini semua Barang Milik Daerah (BMD) dapat di data dan diinventarisir agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Pembukaan Bimtek yang ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Asisten Umum ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Sumut, Maulina Familita Praktisi Pengelolaan Barang Milik Daerah, Anthur Pasaribu dan Konsultan Pengelolaan Aplikasi BMD, Nangsi Marbun. Hadir juga Kepala BPKAD Kota Medan, T. Ahmad Sofyan, Kepala Bagian Perlengkapan, Syafruddin Irsan Dongoran dan Kabid Aset dan Investasi, Sumiadi.

Dikatakan Renward Parapat dalam membacakan Sambutan Wali Kota, Inventarisasi Aset yang bersifat kemitraan maka kita harus mampu melakukan pendataan bentuk kerjasama. Artinya apakah bersifat Hak Guna Bangunan (HGB) atau Hak Pengelolaan Lahan serta hak lainnya harus jelas secara hukum.

“Terkait Aset Kemitraan yang telah berakhir masa kerjasamanya, maka harus dilakukan peninjauan ulang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Artinya jika ini gagal dilakukan, maka kedepannya dipastikan akan terjadi sengketa,” kata Renward.

Menurutnya, agar pengelolaan Barang Milik Daerah bisa optimal, Maka perlu adanya kreatifitas program terpadu antara OPD dengan tujuan percepatan optimalisasi Potensi PAD Kota Medan.

“Salah satunya kendaraan dinas harus dilakukan pendataan keseluruhan, jangan sampai hilang atau berubah status menjadi milik pribadi. Artinya jika harus dilakukan pelelangan lakukan dengan transparan,” ujarnya.

“Seluruh Barang Milik Daerah harus benar-benar digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan daerah. Jangan sampai ada ASN yang terlibat dengan kasus hukum akibat penyalahgunaan aset Barang Milik Daerah,” jelas Renward.

Sebelumnya Kabid Aset dan Investasi, Sumiadi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi para kuasa pengguna barang, pejabat penatausahaan pengguna barang, pengurus barang pengguna, dan pengurus barang pengguna tentang pengelolaan BMD sesuai Permendagri 19 tahun 2016.

“Bimtek yang digelar selama 4 hari dari tanggal 22 sampai tanggal 25 Juli 2019 ini diikuti peserta sebanyak 638 orang dari seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan,” jelasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini