Pemkot Medan Buka Pelatihan Revolusi Mental Untuk Pelayanan Publik

pemkot medan
Pemkot Medan Buka Pelatihan Revolusi Mental Untuk Pelayanan Publik

Terkini.id, Medan – Pemkot Medan diwakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM), Muslim, membuka Pelatihan Revolusi Mental untuk Pelayanan Publik di Lingkungan Pemko Medan, Senin 11 Maret 2019, di Hotel Le Polonia Medan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Muslim, Wali Kota menyebutkan, ASN sudah seharusnya memiliki cara pandang, cara pikir, dan cara kerja yang melayani masyarakat, terkhusus yang bertugas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan publik.

Disamping itu, keterbukaan informasi dan teknologi mengharuskan ASN merevolusi cara kerja yang lebih cepat dan tepat sesuai dengan dinamika pembangunan.

“Karena itu Pelatihan Gerakan Revolusi Mental ini sangat penting untuk diselenggarakan. Revolusi Mental ini juga merupakan komitmen pemerintah melalui Instruksi Presiden No. 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental,” sebut Wali Kota.

Wali Kota mengatakan, ASN sebagai salah satu ujung tombak dalam proses penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan diharapkan memiliki kompetensi yang baik dengan mental sebagai pelayan publik, sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal dan berkualitas kepada masyarakat.

Jiwa dan mental melayani ini, lanjut Wali Kota, memang dapat tumbuh dari diri sendiri, namun untuk mengasahnya agar sesuai dengan peraturan yang berlaku diperlukan suatu pelatihan sehingga akan menciptakan seorang ASN yang melayani dengan integritas tinggi.

Wali Kota berharap, pelatihan ini dapat menumbuhkan jiwa mengabdi dan melayani dengan ikhlas sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas dan dapat membuat sebuah perumusan inovatif dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan mendorong peserta memberikan pelayanan dengan proses ringkas, sederhana, sesuai dengan peraturan dan SOP yang berlaku, tanpa mengutip atau meminta sesuatu kepada masyarakat.

Pelatihan ini dikuti oleh 60 ASN yang dibagi dalam dua angkatan. Dalam pelatihan yang berlangsung mulai 11 sampai 15 Maret, BKDPSDM selaku penyelenggara menghadirkan narasumber dari Pusat Pengembangan Teknis dan Sosial Kultural ASN LAN RI yakni Deny Junanto, SE., M.P.P., Ph.D. dan Iih Faihaah, S.I.P., M.Si.

Sedangkan materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini yakni overview program pelatihan revolusi mental untuk pelayanan publik, kebijakan revolusi mental untuk pelayanan publik, isu strategis pelayanan publik, revolusi pola pikir, revolusi budaya pelayanan publik, inovasi sektor publik, strategi peningkatan kualitas pelayanan publik, rancangan revolusi cara kerja, penyusunan rancangan revolusi cara kerja, seminar rancangan revolusi cara kerja, dan review program pelatihan revolusi mental untuk pelayanan publik.

Pembukaan pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Wali Kota diwakili Kepala BKDPSDM kepada beberapa perwakilan peserta.

Berita Terkait
Komentar
Terkini