Mensos RI Serahkan Bantuan 1.000 Sembako Untuk Keluarga Pra Sejahtera di Medan

Mensos RI
Menteri Sosial RI Serahkan Bantuan 1.000 Sembako Untuk Keluarga Pra Sejahtera di Medan

Terkini.id, Medan – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyerahkan Bansos Sembako kepada 1.000 Kepala Keluarga Pra Sejahtera di Lapangan Benteng Medan, Kamis 14 Februari 2019.

Bansos Sembako yang merupakan usulan Pemko Medan kepada Kementerian Sosial RI ini diharapkan dapat meringankan dan membantu pangan keluarga pra sejahtera di Kota Medan.

Dalam penyerahan Bansos ini, turut hadir Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah, Anggota DPR RI Meutya Hafid, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Dandim 0201/BS Kol Yuda Rismansyah, Kadis Sosial Kota Medan Endar Sutan Lubis dan sejumlah Tokoh masyarakat.

Dikatakan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, Program Bansos berupa Sembako ini merupakan Program dari Kementerian Sosial RI atas usulan Pemerintah Daerah.

“Penyerahan Bansos sembako ini merupakan usulan dari Pemko Medan yang telah disetujui Pemerintah Provinsi Sumut kepada Kementerian Sosial RI,” ungkap Mensos.

“Kementerian Sosial RI Selain menerima usulan dari Pemerintah Daerah juga terus mendata jumlah keluarga pra sejahtera yang ada di setiap daerah. Sehingga jika ada usulan dari Pemerintah Daerah, maka Kementerian Sosial akan merespon untuk menyerahkan Bansos melalui program yang ada. Artinya Program Bansos Sembako ini bertujuan untuk meringankan beban pangan keluarga pra sejahtera,” kata Mensos.

Dijelaskan Agus Gumiwang Kartasasmita, Selain Program Bansos Sembako, Kementerian Sosial RI juga memiliki beberapa program untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia diantaranya Program PKH dan program bedah rumah layak huni serta Bansos Disabilitas.

“Tentunya ini merupakan program Pemerintah pusat untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia agar tingkat kemiskinan berkurang,” ujarnya.

“Semua Program yang ada di Kementerian Sosial RI merupakan program untuk menyimpan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya kami memerlukan dukungan dari pemerintah daerah untuk menjalankan program tersebut,” sambungnya.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi program Bansos Sembako dari Kementerian Sosial RI kepada masyarakat Medan yang pra sejahtera.

“Tentunya program ini sangat membantu kebutuhan pokok keluarga yang kurang mampu dan dapat meringankan beban mereka,” ujar Wali Kota.

Dijelaskan Wali Kota, saat ini jumlah Penduduk miskin di Medan kurang lebih ada 129.613 KK atau sekitar 463 .000 jiwa.

“Ke depannya Pemkot Medan akan melakukan pendataan jumlah warga kurang mampu dan akan mengusulkan kepada Kementerian Sosial RI agar masyarakat kurang mampu yang ada di kota Medan mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah Pusat,” ujar Dzulmi Eldin.

“Pemkot Medan sangat mengapresiasi program bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI ini, tentunya program ini dapat meringankan beban masyarakat pra sejahtera,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, Pemkot Medan juga telah memberikan program pelatihan kepada keluarga pra sejahtera.

“Sehingga mereka dapat lebih mandiri dengan memanfaatkan kemampuan yang didapat dari pelatihan. Dengan begitu perekonomian mereka juga akan meningkat,” pungkas Wali Kota.

Komentar
Terkini