Libur Lebaran, Pengunjung Medan Zoo Capai 15 Ribu Orang

Medan Zoo
Medan Zoo. (okezone)

Terkini.id, Medan – Dalam tiga hari libur lebaran 2019, Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) dipadati ribuan pengunjung yang memanfaatkan momen kebersamaan dengan keluarga. Kepadatan itu terlihat sejak lebaran pertama Rabu, 5 Juni 2019, hingga Jumat, 7 Juni 2019.

Pantauan di lapangan, taman satwa di Simalingkar B, ini sudah terjadi sejak pukul 09.00 WIB. Ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat memenuhi pelataran parkir yang disediakan oleh pengelola.

Hendrik, seorang penjaga parkir mengatakan, ramainya pengunjung membuat petugas parkir harus lebih waspada dan ketat menjaga kendaraan yang diparkir. Kepadatan pengunjung juga terlihat dari antrian panjang di konter tiket.

Kepala Urusan Kesehatan dan Konservasi Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo, Drh Sucitrawan mengatakan, hari pertama lebaran (5 Juni 2019), jumlah pengunjung sebanyak 2.882 orang.

Hari ke dua (6 Juni 2019) sebanyak 5.100 orang dan hari ke tiga (7 Juni 2019) sebanyak 7.200 orang. Total selama tiga hari sebanyak 15.182 orang.

“Semalam (kemarin) setelah closing, jumlah pengunjungnya 7.200 orang,” katanya, Sabtu, 8 Juni 2019.

Dia menjelaskan, di Medan Zoo, masyarakat dapat mengenal dan mempelajari 58 satwa dari 17 jenis mamalia, 155 satwa dari 18 jenis aves, dan 41 satwa dari 9 jenis reptilia. Dengan tiket masuk Rp20 ribu/orang untuk anak dan dewasa, pengunjung juga dapat menikmati suasana alam yang asri.

Menariknya lagi, koleksi satwa Medan Zoo juga memiliki penambahan dari Kebun Binatang Ragunan, Jakarta yakni dua orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) bernama Diimbah (jantan/23 tahun) dan Hamidah (betina/15 tahun).

Selain itu, juga ada enam ekor burung pelikan timor (elacanjs conspicilatus) dan satu ekor capybara (hydrochoeeus hydrochaeris).
Satwa-satwa tersebut baru ‘masuk’ ke Medan Zoo sekitar empat bulan yang lalu setelah ditukar dengan dua ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae).

“Ada kenaikan di hari pertama, sedikit penurunan di hari ke dua karena hujan, dan sedikit penurunan di hari ke tiga. Tapi diperkirakan akan terjadi lonjakan di hari ke empat dan ke lima,” katanya.

Medan Zoo adalah salah satu unit usaha PD Pembangunan milik Pemko Medan, selain Kolam Deli, Gelanggang Remaja dan lainnya. Pada 2015, Medan Zoo dipindahkan dari Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun ke Simalingkar B dengan lahan seluas 30 hektare.

Dengan luasan tersebut, maka tidak heran jika kepadatan pengunjung mencapai belasan ribu. Dari catatan, pada momen tahun baru 2019 jumlah pengunjung mencapai 16.800 orang. Lebih tinggi dari setahun sebelumnya yakni 15.600 orang.

“Tidak hanya melihat koleksi satwa, di Medan Zoo juga terdapat wahana bermain anak dan keluarga seperti flying fox, berkuda, dan lain sebagainya,” terang Sucitrawan. (kabarmedan)

Komentar
Terkini