Gelar Bimtek Tata Cara Pengadaan Langsung, Ini Harapan Pemkot Medan

Pemkot Medan
Gelar Bimtek Tata Cara Pengadaan Langsung, Ini Harapan Pemkot Medan

Terkini.id, Medan – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pengadaan Langsung di Hotel Hermes Palace, jalan Pemuda, Senin, 5 Agustus 2019.

Diharapkan melalui Bimtek ini dapat meningkatkan keahlian dan menambah pengetahuan dalam pelaksanaan pengadaan langsung.

Bimtek yang digelar selama tiga hari ini dibuka oleh Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si.,M.H diwakili Asisten Umum Renward Parapat. Hadir dalam pertemuan ini, Narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah Jakarta, Dr Fahrurrozi, M.Si, Kepala BKDPSDM Kota Medan, Muslim, S.Sos dan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Adrian Saleh, SE serta Lurah yang merupakan Para Peserta Bimtek.

Dikatakan Wali Kota Medan dalam sambutan yang dibacakan Asisten Umum, Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dapat dilakukan dengan dua cara, yakni Swakelola dan melalui penyedia Barang/Jasa yang dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya pengadaan langsung.

Menurut Asisten, guna memahami tata cara pelaksanaan pengadaan langsung diperlukan keseriusan dalam membedakan berbagai tata cara pemilihan penyedia barang/jasa. Artinya jangan sampai ada terjadi kesalahan pelaksanaannya maupun ataupun menyalahgunakan tugas, sebab hal ini sangat rentan dengan godaan gratifikasi.

“Para Peserta yang mengikuti Bimtek ini memiliki peranan penting dalam memberhasilkan proses pengadaan barang/jasa. Mari kita manfaatkan momentum ini untuk belajar guna meningkatkan kemampuan dalam pelayanan pengadaan barang/jasa khususnya untuk pengadaan langsung,” kata Asisten Umum.

Dijelaskan Asisten Umum, sesungguhnya di lapangan memiliki dinamika yang tidak jarang menjadi kendala maupun hambatan dalam proses pengadaan barang/jasa.

Sebab Apa yang tertulis berbeda dengan Implementasinya. Untuk itu Manfaatkan narasumber untuk bertanya seluas- luasnya mengenai pengadaan langsung.

“Melalui Bimtek ini kita dapat menjadi sumber daya manusia yang kompeten mampu bekerja dengan benar sesuai peraturan dan dapat menerapkan prinsip- prinsip efesien, Efektif dan transparan, terbuka, bersaing serta akuntabel,” harap Asisten.

Sebelumnya, Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia, Adrian Saleh, SE, dalam laporannya menjelaskan bahwa Bimtek yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 5 sampai 7 Agustus ini diikuti 30 Lurah yang ada di Kota Medan, dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP)Jakarta.

“Bimtek yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang tata cara pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Khususnya dalam kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan daerah,” jelas Kabid SDM BKDPSDM.

Berita Terkait
Komentar
Terkini