Antisipasi Dampak Asap Karhutla, Pemkot Medan Bagikan Ribuan Masker Untuk Warga

Pemkot Medan
Antisipasi Dampak Asap Karhutla, Pemkot Medan Bagikan Ribuan Masker Untuk Warga

Terkini.id, Medan – Guna menyikapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) yang terjadi di sejumlah Wilayah di Pulau Sumatera yang mengakibatkan kabut asap yang telah memasuki Kota Medan. Kabut asap inipun telah meresahkan masyarakat Kota Medan.

Maka dari itu, Pemkot Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan dan Dinas Pariwisata Kota Medan serta Asosiasi Industri Pariwisata Sumut melakukan pembagian masker kepada pengendara dan masyarakat di seputaran Lapangan Merdeka Medan, Jalan H.M Yamin simpang Jalan Jawa dan Jalan S.M Raja simpang Jalan Masjid Raya.

Pembagian masker ini dilakukan sesuai dengan instruksi Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H sebagai program antisipasi terhadap dampak kabut asap.

Ada ribuan masker yang dibagikan BPBD dan Dinas Pariwisata serta Asosiasi Industri Pariwisata Sumut secara gratis kepada pengguna jalan terutama para pengendera sepeda motor, angkutan umum, dan pengguna jalan kaki.

Pembagian masker ini dilakukan Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring dan Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono.

Sebelum membagikan masker kepada masyarakat, OPD terkait melakukan apel terlebih dahulu di Lapangan Merdeka, kemudian sesuai instruksi yang diberikan, mereka langsung membagikan masker kepada para pengguna jalan sekitar Lapangan Merdeka.

Dikatakan Kepala BPBD, pembagian masker kepada masyarakat ini dilakukan karena memang tingkat cuaca berada pada angka 138,8 sesuai informasi daeri BMKG dan berada pada posisi sedang.

Meskipun begitu, Pemkot Medan terus melakukan pembagian masker sampai udara di Kota Medan benar-benar bersih. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dampak kabut asap yang selama beberapa hari sudah melanda Kota Medan.

“Pembagian ini dilakukan sebagai program antisipasi dari dampak kabut asap yang telah melanda Kota Medan. Kondisi ini telah mengakibatkan terganggunya aktivitas warga saat hendak melakukan aktivitas di ruang terbuka,” ucapnya.

Maka dari itu, Arjuna juga menghimbau kepada masyarakat sebaiknya untuk menghindari aktivitas diluar ruangan. Namun, saat terpaksa akan melakukan aktivitas diluar ruangan, sebaiknya selalu menggunakan masker agar terhindar dari penyakit.

“Kami menghimbau kepada masyarakat sebaiknya menghindari aktivitas di ruang terbuka mengingat semakin intensitas kabut asap, apabila tetap harus beraktivitas kami menyarankan untuk selalu menggunakan masker agar terhindar dari penyakit serta banyak mengonsumsi air putih terutama air hangat karena lebih baik menjaga kondisi tubuh,” tegas Arjuna.

Dalam kesempatan itu, Kadis Pariwisata mengungkapkan, untuk menyikapi situasi yang berkembang setiap harinya serta asap yang semakin pekat, Pemkot Medan melalui BPBD dan Dinas Pariwisata serta Asosiasi Industri Pariwisata Sumut bekerja sama untuk membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan.

“Hal ini bukan hanya ceremonial saja tetapi akan diupayakan untuk terus berlanjut hingga Kota Medan bebas dari asap akibat Karhutlah. Selain itu, Pemko Medan akan terus berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dalam hal penyediaan masker gratis agar masyarakat terhindar dari asap yang berbahaya ini,” ungkap Agus.

Maka dari itu, Agus mengajak seluruh stakeholder di Lingkungan Pemko Medan untuk ikut memperhatikan situasi ini. Selain itu, Dinas Pariwisata juga akan membagikan masker ke sekolah-sekolah yang ada di Kota medan.

“Mudah-mudahan pembagian masker gratis ini dapat diikuti stakeholder lainnya, karena ini merupakan untuk kepentingan dan kesehatan masyarakat Kota Medan. Saya juga mengingatkan kepada Masyarakat yang hendak beraktivitas di ruang terbuka untuk selalu menggunakan masker,” sebutnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini