Akhyar Nasution Imbau Warga Medan Kembali Konsumsi Ikan

Terkini.id, Medan – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengimbau kepada masyarakat untuk kembali mengkonsumsi ikan dan hasil laut lainya, sebab ikan yang dijual dipasaran aman untuk dikonsumsi.

Imbauan ini disampaikan Plt Wali Kota Medan saat menghadiri acara makan ikan bersama dengan ratusan masyarakat dan pedagang di pasar cemara, Senin, 25 November 2019.

“Masyarakat jangan takut makan ikan, saya setiap hari juga makan ikan,” kata Plt Wali Kota Medan.

Selain itu dijelaskan Plt Wali Kota Medan lagi ikan yang dijual di pasaran merupakan ikan yang diambil dari tengah laut, sementara ikan yang ada di pinggiran laut jarang dijual, artinya ikan yang dijual dipasaran sangat layak untuk dikonsumsi.

Bahkan, Pemkot Medan melalui OPD terkait juga telah menguji sample air sungai Bedera dan Danau Siombak untuk melihat apakah terdapat bakteri kolera ataukah tidak.

“Air sungai berderah dan danau siombak juga telah kita lakukan pengujian dan hasilnya tidak ditemukan bakteri kolera, untuk itulah animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan harus kembali meningkat lagi,” jelas Plt Wali Kota Medan.

Disamping mengajak masyarakat untuk kembali mengkonsumsi ikan, dalam kesempatan ini Plt Wali Kota Medan juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota berkomitmen untuk mewujudkan kota Medan yang bersih, namun hal ini harus dilakukan secara bersama-sama dengan masyarakat, artinya masyarakat juga harus mendukung kebersihan tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mewadahi sampahnya masing-masing.

Karena itulah Plt Wali Kota Medan mengingatkan kepada para pedagang pasar cemara agar mewadahi sampah dagangannya dan jangan dibiarkan berserakan.

“Saya mengajak para pedagang untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan mewadahi sampahnya masing-masing,” ajak Plt Wali Kota Medan.

Sebelumnya Ketua Komunitas Pedagang Ikan Pasar Cemara, Juwari mengatakan acara makan ikan bersama ini membuktikan bahwa ikan di pasar cemara layak untuk dikonsumsi dan menyehatkan.

“Acara ini kami gelar bukan sekedar memperjuangkan nasib para nelayan melainkan juga memperjuangkan dampak sosial yang membuat masyarakat tidak mau mengkonsumsi ikan, mudah-mudahan dengan adanya acara makan ikan ini membuktikan bahwa ikan di pasar cemar sangat layak untuk di konsumsi dan menyehatkan,” jelas Juwari.

Turut hadir dalam acara makan ikan bersama ini anggota DPRD Kota Medan Mulia Asri Rambe, Dirut PD Pasar Drs. Rusdi Sinuraya, Pimpinan PT. Cemara Permai, Purnomo, dan pimpinan OPD terkait.

Berita Terkait
Komentar
Terkini