5 Destinasi Wisata Tersembunyi di Medan, Cocok Buat Mengisi Liburan Keluarga

Medan
Air Terjun Dua Warna di Medan. (beritasumut)

Terkini.id, Medan – Apa yang pertama kali terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata Medan? Kuliner soto Medan-nya yang lezat, masyarakatnya yang heterogen, atau logatnya yang terdengar sangat khas?

Dari semua hal yang bisa Anda temukan di kota terbesar ketiga di Indonesia ini, barangkali destinasi wisata eksotis adalah salah satunya.

Di Medan masih banyak objek wisata tersembunyi dengan pemandangan menakjubkan yang belum banyak dijamah turis. Penasaran apa sajakah itu?

1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Namanya cukup panjang, ya? Objek wisata alam yang satu ini terbilang masih relatif sepi pengunjung. Meski begitu, pemandangan yang ditawarkan dijamin akan membuat Anda terpukau!

Objek wisata ini berupa kawah dengan air panas berwarna kebiruan, dan dikelilingi batuan kapur berwarna putih. Jika dilihat sekilas, pemandangan di sini akan tampak seperti hamparan es di kutub. Di bagian lain terdapat pertemuan antara air sungai dengan curahan air panas yang bisa digunakan wisatawan untuk berendam.

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Medan. HTM per orangnya cukup murah, hanya Rp5.000.

2. Arung Jeram Sungai Wampu

Jika Anda menyukai sensasi wisata alam yang memicu adrenalin, arung jeram di Sungai Wampu, Medan, mungkin bisa menjadi pilihan yang pas. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan tebing hutan tropis yang masih terjaga keasriannya.

Selain itu, ada pula air terjun, lembah sungai, dan pemandangan lazim penduduk setempat yang sedang memancing di sungai. Di sini ada juga pemandian air panas yang bisa dijadikan spot singgah saat berarung jeram. Aktivitas wisata yang satu ini biasanya dimulai di Desa Marike dan berakhir di Jembatan Bahorok.

3. Pantai Salju

Eits, Pantai Salju yang dimaksud di sini bukan berarti pantainya dipenuhi dengan salju, ya! Pun sebetulnya objek wisata yang satu ini bukanlah sebuah pantai, namun sungai yang dipenuhi bebatuan besar yang memecah aliran air yang deras, sehingga terlihat putih seperti salju.

Bebatuan yang terletak di sepanjang sungai pun memiliki bentuk yang sangat unik. Cocok dijadikan latar berfoto untuk Anda yang menyukai fotografi. Pantai Salju terletak di Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 3 jam dari pusat Kota Medan.

4. Air Terjun Dua Warna

Di Medan, tepatnya di kaki Gunung Sibayak, terdapat sebuah destinasi wisata menakjubkan yang masih jarang disambangi pelancong. Ya, apa lagi kalau bukan Air Terjun Dua Warna? Dinamakan demikian karena air terjun di sini terbentuk dari gradasi 2 warna: biru dan putih. Suhu airnya pun tidak sama—putih cenderung lebih hangat.

Memiliki ketinggian 100 meter dan terletak sekira 1.400 mdpl, Air Terjun Dua Warna berada di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Selain menyegarkan, aliran air terjun di sini juga mengandung belerang yang baik untuk kulit, lho!

5. Pantai Tureleto

Terakhir ada Pantai Tureleto yang masuk dalam daftar wisata eksotis di Sumatera Utara. Tempat ini sering dijuluki Laut Mati-nya Indonesia karena konon memiliki kadar garam yang sangat tinggi. Saking tingginya, pengunjung bisa mengapung di laut tanpa harus berenang. Selain pemandangan pantai yang menawan, di sekitar lokasi juga masih terdapat flora dan fauna khas setempat.

Tentu tak semua objek wisata di atas selesai dijelajahi dalam satu hari. Karenanya, persiapkan akomodasi yang nyaman untuk beristirahat. Ada banyak hotel di Medan yang bisa dijadikan referensi menginap, misalnya hotel Airy Rooms.

Selain menawarkan penginapan yang murah, jaringan hotel terbesar di Indonesia ini juga menawarkan 7 fasilitas utama, seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis. Nah, tunggu apa lagi? Yuk liburan ke Medan!

Komentar
Terkini