5 Cara Mengamankan Data Pribadi di Internet

Terkini.id, Medan – Saat ini, hampir semua hal bisa kamu lakukan secara online. Mulai dari membuat akun media sosial, membeli makanan, melakukan reparasi perabotan rumah, sampai membayar tagihan bulanan.

Kalau kamu pelanggan lama Telkom yang masih harus bayar speedy, pembayarannya bahkan bisa dilakukan dengan mudah lewat situs atau aplikasi Traveloka.

Semua kemudahan dalam melakukan transaksi barang dan jasa tersebut akan melibatkan data pribadi kamu.

Sebenarnya, apakah semua data kamu tidak disalahgunakan? Bagaimanapun, kamu perlu melakukan langkah preventif untuk mengamankan data pribadi di internet.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah
Hampir semua situs sudah mengadaptasi sistem keamanan dua langkah untuk bisa mengamankan data pengguna.

Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang aktif agar bisa menerima kode verifikasi setiap ada percobaan login menggunakan akun kamu.

Tahap verifikasi dua langkah (two-step verification) ini. Saat ini, hampir semua hal bisa kamu lakukan secara online. Mulai dari membuat akun media sosial, membeli makanan, melakukan reparasi perabotan rumah, sampai membayar tagihan bulanan. kamu untuk dapat melakukan otentifikasi agar bisa membuktikan bahwa kamulah yang melakukan login akun.

2. Perhatikan Ancaman Malware
Jika kamu menggunakan browser Google Chrome, ada pendeteksi otomatis yang bisa memberikan kamu peringatan saat kamu membuka situs yang berbahaya.

Situs berbahaya dalam hal ini mengacu pada malware atau phising yang bisa mencuri data akun pribadi kamu.

Terkadang kamu tidak peduli dengan adanya notifikasi larangan yang masuk. Padahal, larangan tersebut harus diperhatikan karena semua situs yang diklaim paling aman sekalipun bisa saja diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

3. Selalu Download Aplikasi dari Situs Resmi
Agar kamu bisa memastikan data yang kamu gunakan untuk login sudah terlindungi dengan hukum yang diatur secara legal, sebaiknya selalu download aplikasi dari Google Play Store atau AppStore.

Jika kamu mengunduh aplikasi secara legal, keamanan data akan dijamin berdasarkan ketentuan yang telah diatur oleh penyedia layanan aplikasi.

4. Gunakan Kombinasi Password yang Tidak Mudah Ditebak
Hal yang tidak kalah penting adalah melakukan perlindungan akun dengan menggunakan password yang aman.

Biasakan untuk menggunakan kombinasi password yang terdiri atas huruf besar atau kecil, angka, dan simbol. Semakin rumit password akun kamu, tidak akan sembarang orang bisa menebak dan mencoba login menggunakan akun yang kamu punya.

5. Aktifkan Layanan Security Checkout
Manfaatkan juga layanan Security Checkout dari Google. Kamu bisa mendapatkan ‘penasihat keamanan pribadi’ yang akan mengarahkan kamu ke beberapa tahap pengamanan akun Google agar data kamu senantiasa aman.

Kamu akan mendapatkan pengujian untuk membuktikan keamanan akun jika indikator menunjukkan warna hijau berarti akun kamu cukup aman. Jika indikator masih menunjukkan warna kuning atau merah, artinya ada beberapa hal yang perlu kamu benahi.

Analisisnya akan ditampilkan melalui hasil Security Checkout agar kamu bisa meningkatkan standar keamanan data di dalam akunmu.

Beberapa langkah pengamanan akun tadi bisa kamu optimalkan agar data pribadi kamu tetap aman. Hal yang tidak kalah penting adalah tetap waspada jika mendapatkan notifikasi atau link yang mengarahkan kamu untuk memasukkan password.

Pastikan kamu benar-benar memberikan akses tersebut untuk kepentingan yang resmi dan bukan penipuan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini