Ini 4 Cara Aman Membersihkan Bercak Sidik Jari di Smartphone Kamu

Smartphone
Ilustrasi Smartphone. (Foto: Traveloka)

Terkini.id – Mungkin aktivitas sehari-hari kamu sudah nyaris tidak bisa terlepas dari smartphone. Ya, wajar saja sih, masalahnya hampir semua platform aktivitas di kantor pun sudah tersedia dalam versi mobile.

Semua mobilitas pekerjaan dari mulai pengaturan jadwal meeting, reschedule tiket via Traveloka, sampai pertukaran dokumen bisa dilakukan secara virtual.

Smartphone yang tidak pernah terlepas dari genggaman mungkin jadi banyak bercak sidik jari yang mengganggu. Terkadang jadi risih sendiri karena banyak jejak berminyak yang sulit hilang di laya HP.

Nah, berikut ini beberapa peralatan yang bisa kamu buat sendiri (do it yourself) dan bisa dibawa dengan aman saat traveling.

1. Larutan air dan alkohol

Alkohol memang sering dipakai untuk bahan pembersih. Namun, untuk layar HP kamu bisa membuat campuran larutan ini dengan proporsi 60:40 untuk air dan alkohol. Jadi, dalam 50 ml campuran larutan, kamu hanya perlu 20 ml alkohol saja, lalu campurkan dengan 30 ml air.

Nah, jika larutannya sudah selesai dibuat, kamu bisa melembapkan kain atau kapas untuk membersihkan layar HP.

Dengan 50 ml larutan saja, kamu sudah bisa membawa botol kecil yang aman dibawa saat traveling. Pastikan kamu menggunakan botol yang aman dan tidak mudah tumpah ya.

Oh iya, sayangnya pengguna gadget Apple tidak disarankan menggunakan campuran pembersih ini untuk membersihkan layar. Jadi, hati-hati ya, jangan sampai harus menanggung risiko jika terjadi permasalahan pada layar HP.

2. Campuran air dan cuka putih

Kamu juga bisa membuat campuran larutan dari air dan cuka putih dengan perbandingan 1:1 untuk melembapkan bahan kain atau lap pembersih.

Nah, ingatlah untuk menggunakan campuran larutan ini untuk sekedar melembapkan. Jangan sampai kain pembersih yang dipakai untuk mengelap bagian layar smartphone sampai basah dan meninggalkan sisa bercak basah.

3. Kain microfiber

Untuk dipakai mengelap bagian layar smartphone, sebaiknya kamu memilih bahan lap yang memiliki serat lembut. Kain microfiber yang biasanya dipakai untuk mengelap kacamata bisa kamu pakai juga untuk membersihkan layar gadget. Bahan kain dengan serat lembut ini tidak akan menggores bagian layar.

Saat dipakai untuk pembersih, akan lebih optimal hasilnya apabila kamu bisa menggunakan kain dengan keadaan lembap yang dibasahi campuran larutan pembersih.

Nah, kalau memang tidak ada larutan pembersih, cukup percikan sedikit air agar kain microfiber lembap dan bisa membersihkan layar smartphone dengan hasil yang optimal.

4. Cotton buds

Kalau memang belum mempersiapkan alat-alat untuk membersihkan layar smartphone, jangan sampai membiarkan layar jadi kotor dan tidak enak dilihat.

Belum lagi kalau ternyata ada bekas bercak yang malah menimbulkan bakteri yang menempel di tangan. Kebersihan adalah faktor utama yang harus diperhatikan selama beraktivitas.

Sebisa mungkin, cobalah untuk memanfaatkan barang di sekitarmu untuk membersihkan layar HP. Nah, kalau sedang menginap di hotel saat traveling, biasanya kamu akan mendapatkan cotton buds yang biasanya disediakan di kamar mandi.

Nah, kamu bisa juga nih memanfaatkan cotton buds untuk membersihkan sela-sela debu dan kotoran yang menempel di layar smartphone dan casing.

Beberapa perlengkapan tadi mungkin bisa kamu temukan di pantry atau kotak P3K. Sebaiknya manfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat perlengkapan pembersih sebelum kamu membeli. Jadi, kamu bisa lebih hemat dan tetap nyaman saat menggunakan gadget selama bepergian.

Komentar
Terkini