Dampak Pandemi Corona, Pemkab Asahan akan Lakukan Pemulangan TKI di Malaysia Asal Asahan

Kantor Bupati Asahan
Kantor Bupati Asahan di Kisaran/Ist.

Terkini.id, Medan – Dampak pandemi Corona (Covid-19) secara global, Pemerintah Kabupaten Asahan mengambil kebijakan untuk melakukan proses pemulangan warga Asahan yang berada di Malaysia.

Sesuai dengan laporan salah seorang petugas yang ditunjuk oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 melalu Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, proses pemulangan akan secepatnya dilakukan mengingat kondisi para TKI yang cukup memprihatinkan.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar mengatakan, saat ini proses pemulangan dalam tahap pengurusan administrasi.

“Masih dalam proses tahap pengurusan administrasi, dan akan segera kita lakukan karena kondisi TKI kita sudah sangat memperihatinkan,” ungkapnya, Sabtu, 2 Mei 2020.

Rahmat juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Asahan, melalui Gugus Tugas Covid-19 telah berupaya secepat mungkin dalam mengurus pemulangan warganya dari Malaysia. Beberapa tahap yang harus dilakukan nantinya sebagai laporan dari ketua Gugus Tugas Covid-19 Bupati Asahan H Surya kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Baca juga:

“Apabila proses administrasi telah selesai, maka data akan diserahkan langsung ke Pemprovsu untuk diurus melalui lintas Kementerian. Dalam hal pemulangan TKI harus melibatkan beberapa Kementerian yakni Kementerian Perhubungan dan Bea Cukai,” jelas Rahmat.

Juru bicara Gugus Tugas yang juga Kadis Kominfo Kabupaten Asahan ini menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mempersiapkan kapal feri untuk memulangkan para TKI asal Asahan nantinya. “Penjemputan akan dilakukan jika berkas sesuai dengan KTP dan KK yang ada,” katanya.

Rahmat berpesan agar semua pihak masyarakat bisa bersama-sama mendoakan supaya proses pemulangan para TKI nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Komentar

Direkomendasikan

Berita Lainnya

Sebagai Bentuk Kepedulian saat Pandemi Covid-19, Kapolda Sumut Beri Bantuan Sembako bagi Jurnalis

Cegah COVID-19, Pemko Medan Hingga Kini Terus Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Sebaran Covid-19, PGI Sumut Imbau Umat Kristen untuk Beribadah di Rumah

Soal Pasien Covid-19 yang Meninggal, Ini Imbauan Kapolda Sumut

Upaya Pencegahan Sebaran Covid-19, Pemko Medan Fasilitasi Wastafel di Ruang Publik

Dampak Pandemi Global Covid-19, Mayoritas Ibadah Gereja di Medan terapkan Live Streaming

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar