Dampak Pandemi Global Covid-19, Mayoritas Ibadah Gereja di Medan terapkan Live Streaming

Selebaran kecil sebagai informasi bagi jemaat GBI Medan Plaza untuk sementara waktu dilakukan ibadah Live Streaming./Foto: Ist

Terkini.id, Medan – Mengantisipasi sebaran Covid-19 di Kota Medan dan sekitarnya para pemimpin Gereja mengambil kebijakan agar kegiatan ibadah raya yang mengumpulkan banyak orang untuk sementara waktu ditiadakan.

Segaris dengan imbauan yang sebelumnya disampaikan oleh pucuk pimpinan gereja lintas denominasi, ibadah minggu diganti dengan sistem daring (online) atau langsung (live streaming). Dengan demikian, jemaat tetap dapat beribadah dari rumah masing-masing.

Beberapa gereja yang jumlah jemaatnya banyak, seperti GBI Medan Plaza, HKBP Jalan Sudirman, HKBP UAS, GBI Rumah Persembahan, GPdI Maranatha, Gereja Katolik, dan gereja lainnya, pimpinan jemaat mengambil langkah bijak dengan cara mengimbau kebaktian dilakukan secara daring segaris dengan imbauan pimpinan sinodal maupun pemerintah.

Siagian, salah satu jemaat HKBP UAS di Jalan Uskup Agung – Medan, berkata bahwa ibadah dari rumah adalah sebuah langkah bijak dan berhikmat demi mengantisipasi penularan Covid-19 yang bisa saja berpotensi terhadap keluarganya jika ia tidak mengindahkan imbauan pemerintah maupun gereja.

“Ya, kita tau bersama bahwa sebaran Covid-19 ini cukul berbahaya dan tidak memandang siapa pun orangnya. Akan lebih baik saya bersama keluarga melakukan ibadah di rumah saja untuk sementara waktu ini,” ujarnya.

Berbeda jauh seperti di Kota Medan, di beberapa wilayah seperti di pulau Jawa dan daerah lainnya, masih ada saja gereja yang mengatasnamakan iman, bahkan ngotot tetap menggelar ibadah raya tetap berlangsung.

Suasana kota Medan dan sekitarnya, hari ini, Minggu (22/03/2020), utamanya di lingkungan gereja-gereja yang melakukan sistem daring tampak kondusif meski sepi jauh dari keramaian berbeda dari kondisi minggu seperti biasanya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Dampak Pandemi Corona, Pemkab Asahan akan Lakukan Pemulangan TKI di Malaysia Asal Asahan

Sebagai Bentuk Kepedulian saat Pandemi Covid-19, Kapolda Sumut Beri Bantuan Sembako bagi Jurnalis

Cegah COVID-19, Pemko Medan Hingga Kini Terus Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Sebaran Covid-19, PGI Sumut Imbau Umat Kristen untuk Beribadah di Rumah

Soal Pasien Covid-19 yang Meninggal, Ini Imbauan Kapolda Sumut

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar